Senin, 31 Oktober 2011

kebencian

dua hari ini aku bulak-balik jakarta, sebnernya, aku sangat lelah. tapi aku ingin bercerita terlebih dahulu.

jauh-jauh hari anak petulang yang kemarin bersamaku ke Bromo mengajak kita untuk ketuman lagi di kota tua, males sihk untuk kesananya, tapi karena kameraku ini yang rusak, aku berniat kesana, at least I know where I must service. beragkatlah aku dengan kereta pagi dan setelah nyampe monas, aku keluar lalu jalan dan bertanya ke petugas, tapi tak satupun tau Jl. Ir. H. Juanda. malah nyruh naik ojek, najis....setelah nyebrang dan bertanya-tanya dalam hati apakah bener jalan yang ku ambil, akhirnya aku menghentikan taxi, menurut nita dari senen ke daerah situ 15.000, apalgi naik yang express lebih murah, tapi tetep tuh, malahan cepet banget uangnya nambah... huh. nyaman tapi di taxi, norak pengen tau kaya gimana.

aku pengenya sih bercerita dari awal, tapi lama dan ngantuk banget, bisa-bisa jadi sebuah cerpen 2 lembar ukuran tabloid lagi.

karawang dan jakarta masih terbilang cukup dekat ya, tapi rasanyo manggul ransel yang cuma 2 killo aja, rasanya pegel leher dan pundak ampe sekarang, aduh gimana dengan perjalanku yang nanti 10 x lipat dari hari terakhir ini, padahal tujuanku jauh dan tiap hari mobile banget, wah apalgi ransel yang di bawa pasti udzubuneng, mungkin bawa yang gampang aja kali ya. gak usah banyak-banyak. baju 3 lembar, celana 3 lembar, sepatu 2, sandal 1, sarung, handuk, sarung tangan, topi, dan sleeping bed. sebesar apa nanti tasku, aku gak akan beli yang gede ahk, biarin semuatnya tas yang kecil bias aku lebih leuasa bepergian.

di jalanan aku sering berhayal, baca buku dan ngobrol sendiri, udah kaya orang gila dehg, tapi kalo ada waktu luang 1 jam an lebih, saya menghabiskan buku, heheh bayangin nungguin orang aja, setengah buku terbaca, coba kalo di rumah gak sama sekali, apalagi pas di kereta, so iye banget sihk, bawa-bawa buku dan baca, tapi itu bener-bener asik dari pada mendengarkan dentuma lagu di headset, mending baca. lalu aku ketawa-ketawa membaca kisah trinity, gak begitu bikin motivasi jalan-jalan, tapi seru bacanya.

kalo di hari pertama pake taxi, ogah banget untuk hari ke dua, karena sebelumnya aku ke kota tua pake Busway, maka hari ini pun aku akan menggunakan fasilitas ini karena murah, hahah,, kalo yang lain pake comuterline, saya mah pake ekonomi aja, luamayan tuh duit, lumayan menyenangkan menggunkan busway, saya sarain keliling jakarta lebih baik pake ini, enak gak akan nyasar, sekali bayar dua tiga area terlampauwi.

yang paling mengenaskan adalh air-air yang slalu tergenang di kubangan pinggir jalan, atau bahkan di kolam gorong-gorong bahkan di tempat yang merupakan spot baik. airnya keruh, bau hangser kata orang sunda mah, semua air bau air kencing manusia, jangankan di gorong-gorong, di jalanan pun, buset, ampe pengap. bayangin turis nilai apa kalo kaya gitu, hahha tapi boam dehg...

kota tua sebenernya indah banget, apalagi kalo bener-bener di perhatikan, pasti keren banget, saya liat foto-foto zaman baheula mengenai tempat dan gedung-gedung di kota tua, waw amazing, lalu aku terka, mana yang ini ya, emang kaya gini? hahha karena kami gathering di bank EXAM, bank yang diubah menjadi mandiri, hanya itu yang aku rencah ampe tuntas, yang lainya aku nggak, belum sempet.

petugas kereta yang sangat belagu, iya sih saya cuma naik ekonomi tapi buset dehg, kenapa gak pake carai lebih keren ke, kalo sekarang banget sih punya ide gini, pengguna train jabodetabex memliki kartu kaya ATM, jadi setiap bulanya isi 100 ribu ke, entah mau guling-guling, mau bulak-balik ke, dan batas mahluk tiap gerbong batesin, tuh kasian banyak pengangguran, kenapa gak dijadiin pegawai di kareta, pusing dehg, nanya suatu tempat aja, jawabnya ketus, bener-bener trandportasi publik servicenya jelek.

aduh males deh kalo udah metet, penuh, sesak dan berebut pula, dan yang saya males adalah ketika turun dari kereta semua orang jalanya lembon, aduh w senggol-senggol juga, yang paling parah hari ini, kyakanya semua jurusan ke arah jawa itu musimnya hari ini, orang kaya ikan pindang, semuanya di penuhi mereka, ada yang makan, ada yang tidur, ada yang beres-beres, menyusui, ngobol dan segal macem, liat orang jawa kayaknya semua pekerja keras.

aduh pusing, ampe panasnya udara, anak-anak mejual kipas angin, oh GOD, belum lagi cewek-cewek yang masih muda banget, paling baru 16 tahunan, udah gendong-gendong anak, sekitar 6 pasangan yang akan balik barengan, hoalah satu grup mau ke jawa semua, aduh agak miris juga liat mereka dah kawin, tapi saya sih ketawa-ketawa baca buku trinity, heheh, ampe mau beli jam jelek dari penjual senen, yang di tanya pun sukan judes, an___ tuh orang.

naik train yang dari bekasi ke jakarta atau sebaliknya baru kali ini, ada dua jenis, yang berAC dan ekonomi, hahah tentu dong saya pilih yang ekonomis, sayang bedanya juga 5rb.

aku paling males liat tukang dagang di kereta, tapi kalo barang kering sih gak masalah, kecuali gorengan, yang agak mendingan itu tahu sumedang, liat aja penampilan yang daganganya, yang parah sih emang kereta ekonomi, semua tumplek jadi satu, yang menjijikan bagi saya adalah.

1. makan abik itu buah-buahan atau apalah, dipegang ama pengamen dan pengemis yang memilih untuk membeli juga, memang gak apa-apa, tapi bagi saya itu sangat tidak higenis, jadi menahan dirilah dari beli-beli makanan.

2. air minum, gimana sih jualan ait minum ketika nentengin ngejual ke penumpang, tutup botlnya dicekik pake jemari tanganya, dan liat tanganya, akyanknya juga banyak orang jalan yang jualan juga, kebanyakan yang jual adalah gembel yang suka di pinggiran jalan kereta kah?

3. manusia gembel yang itu2 aja, bayangin dong kereta itu bulak-balik setiap hari dan bagi saya yang kerja di jakarta dan rumah di bekasi atau karawang, pasti tak asing lagi melihat orang-orang itu lagi di kereta, lama-lama muak juga dong, ampe ada pas balik dari jakarta, yang ilfilnya gini ada kaitanya dengan apel yang di pegang2 pengamen, karena aku duduk di gerbong pertama, dan terkahiri menurut penjual dan gembel, di duduk tuh di kursi kosong, suaminya yang berpakain rapi, sendal carvil, baju kameja, celana ok, bawa tas itu ada kaitanya dengan no 1 dan 2 yang melihat orang itu-itu lagi, jadi dahk tau dehg. rupanay telah beristri, suaminya maaf ya nih lolong, istrinya juga, tinggal anankny aja yang normal dan badegnya minta ampun, pantes lah orang tinggal dan mencari ladang disitu. ampe ada temenya yang lolong lagi sedang mengamen, pake speaker dia mah, aki-aki dan jijik. si rapi ini dah berhenti ketika mendengar suara lagu, lalu mereka berpapasan, dan saling negor, si rapi menggigit punggungnya, huh menyeblkan interaksi sesama itu terjadi kemarin.

4. gembel sapu, bener-bener bau, dan kayaknya kebanyakn di bekasi area dehg, ihk najis, leher item daki, baju lusush kaya mandi oli, dan abu banget, ngpain sih nyapu-nyapu semua bawah jok. gak ada kerjaan banget, kemudian dia kecapean karena gak ada yang ngasih, lalu nunduk kepada ibu-ibu yang ada di hadapanku, w kasian, tapi hah mau gitu terus.

5. keretanya satu penjualnya banyak untuk satu jenis, itu tukang jepitan ada 8 orang mah, bulak-balik kereta, kalo nyokap w suka bilang gini "meni geus ledug tah arip jalan, lelempangan wae atuh" tukang aneka jepitan dan aksesoris lain di jual oleh beberapa orang dalam 1 tempat, gila, giman persainganya, dan paling banter berapa sihk untungnya, mungkin menjual 50 biji aja, abis buat makan padahal jangankan saya yang gak mau beli, orang lainpun iba.

6. tangan-tangan jorok, tukang dagang air minum masih lanjut, sedotan kecil buat aqua gelas itu dikepal dari pagi ampe dia balik, bau dan abkteri doang gak tuh,, apalgi yang tanganya tuh,, ih waw, udek-udek masuk ke wadahnya yang dingin jdi kobokanya. waw.

7. pengamen bekasi, biasanya suka ada di kereta ekonomi, uadah kaya Band berjalan aja. dan lagunya up to date, yang unik sih gak cuma seorang aja, tapi bergerombol ada yang bawa pianika, drum, gitar, pennyanyi, tukang minta duit, dan bass yang gede banget, kaya gitar eropa itu. tapi asik banget, but my money is not for you...

hati w yang gampang luluh dan mudah tergretak buat bersumbangsih dan suka kasihan, bener-bener berubah, w jadi jijik dan males kalo kesenggol orang, maklumlah ekonomi gituloh, tapi kalo ada niatan perubahan yang signifikan, saya pikir sangat menjanjikan sekali. bahkan mungkin orang-orang akan mulai menggunakan pasilitas murah dan mengurangi pemanasan jakarta yang dahsyat.. enak abnget naik kereta tuh, yang gak enak ya itu dia, dijadiin tempat jualan ampe menggembel.

intinya sih mau memanusiakan diri sendiri, dan coba pikirin dehg, jualan itu yang cepet beraktifitas keuanganya, jangan jualan jepitan yang orang males belinya dan hanya sesekali, dan meski jualan air minum yang sangat menjanjikan, lah benerin tata cara dan menempatkan barang dengan baik, biar steril dan orang akan menikmati kereta, orang bukan maslah harga lagi sekarang, tapi jasa dan pelayanan, lu melayani dengan baik, begitupun kita akan sangat senang sekali bukan untuk membelinya.

sebenernya lagi tidak dalam kondisi ingin menulis, dan gambaran yang kemarin ingin ditulis, semuanya kabur, makanya agak kasar, ya tunggu lah, mimpi tentag beberapa hal yang aku inginkan dan mimpikan, juga kisah dibaliknya....

pasar dalam ilmu ekonomi itu bukan hanya tempat berinteraksi bertemu si penjual dan pembeli, bagi w pasar itu adalah di mana w memiliki sesuatu yang punya niali jual, dan bagaiman cara w melayani dan menghargai nilai itu..

memanusiakan diri sendiri akan lebih terjaga, dari pada kau memilih menjadi gembel yang ketika akan ibadah dan membersihkan diripun, susah...

semoga perjalanan anda menyenangkan, dan tunggu ceritaku...

ngantuk teler nihkkk

wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar